Senin, 15 Agustus 2011

Body Mass Index




Kadang saya kesal ketika ada yang bilang saya kurus. Padahal, honestly, dan saya sama sekali tidak bangga mengatakan ini, perut saya buncit, pipi saya tembem, dan paha saya berlemak. Please, jangan dibayangkan, cukup dimengerti saja saya nggak sekurus yang mereka bilang. Pembelaan saya adalah dengan tinggi badan 153 cm, masa berat badan saya harus 50 kg? Yang benar saja dong.. Tapi selalu deh, dibantah, "tetep aja kurus." Ckckck....

Baiklah, mari kita berbicara lebih ilmiah tentang berapa sih, berat badan kita yang masuk kriteria kurus (dalam kasus saya), ideal, atau gemuk. Cara ilmiah yang sudah jadi standar dimana-mana, adalah Body Mass Index. Bagaimana kita menghitung index berat badan kita? Gampang sekali. Gunakan rumus berikut:
     
Body Mass Index = Berat Badan (kg) : [ Tinggi Badan (meter) x Tinggi Badan (meter) ] 

Nah, kalau sudah mendapatkan Body Mass Index anda, cocokkan dengan kategori pada gambar berikut:

    
Mungkin anda bertanya, kok beda sama perhitungan saya yang menghitung dengan cara tinggi badan dikurangi 110? Jelas beda. Dan menurut saya, BMI ini lebih realistis. Coba bayangkan seseorang yang memiliki tinggi 120. Kalau dengan cara konvensional, berat badan normal orang tersebut haruslah 10 kg. Ampun DJ..... yang bener aja dong...... Dengan BMI, berat badan orang tersebut berkisar antara 26.6 s.d. 35.86. Masuk akal kan? Contoh yang lebih ekstrim lagi, kalau seseorang memiliki tinggi 110, apakah orang tersebut tak layak memiliki badan, kan idealnya berat badannya nol?! Lagian WHO juga pake BMI kok..... Ini buktinya....


Nah, sekarang coba hitung Body Mass Index anda... masuk yang mana hayo... Kalau saya alhamdulillah 19,22 jadi ideal dan NGGAK KURUS. Dan... Oiya, hampir lupa!!! Index ini tidak berlaku untuk kondisi khusus tapi ya... Kalau ibu hamil, binaragawan, atau kuli yang lagi manggul bawang, BMI ini nggak berlaku. Cos BMI ini hanya memandang keberadaan lemak, bukan janin, otot tubuh bak binaragawan, atau bawang. Selamat berhitung  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar